Profil Musisi Donny Suhendra

profil musisi donny suhendra

Nama :
Donny Suhendra
Lahir :
Bandung, Jawa Barat,
9 November 1960
Pendidikan :
ITB jurusan senirupa dan disain (1978-1982)
Penghargaan :
Gitaris Terbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest
(1985)
Album :
Di sini ada Kehidupan
(2000)
Di sini ada Kehidupan repackage (2009)

Lahir di Bandung, Jawa Barat, 9 November 1960. Berlatar belakang pendidikan jurusan senirupa dan desain  ITB (1978-1982). Memulai karirnya pada tahun 1977, sebagai gitaris WE band. Kemudian, pada tahun 1979 bergabung dengan band Rock G’Brill di kota Bandung.

Mendirikan band Fusion D’Marzio serta membuat rekaman bersama penyanyi Rien Jamain di tahun 1981. Tahun 1985, ia bergabung bersama grup band Krakatau bersama Dwiki Dharmawan, Budhy Haryono dan Pra Budi Dharma dan ikut berpartisipasi pada Yamaha Light Music Contest di Tokyo, Jepang pada tahun 1985.

Tahun 1991 membentuk grup band Adegan bersama Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Hari Moekti, dan Mates, yang sempat mengeluarkan 3 album. Di tahun yg sama, ia bergabung sebagai gitaris Java Jazz yang menghasilkan album Sabda Prana dan melakukan beberapa pertunjukan di beberapa kota di Amerik Serikat. Tercatat, ia juga ikut mendirikan kelompok Big City Blues dan pernah bergabung dalam formasi trio bernama Dongilyan, bersama Yance Manusama dan Gilang Ramadhan. Ditahun 2006, ikut andil dalam pembuatan album Syaharani & the Queenfireworks. Saat ini ia tergabung dalam Nera Band bersama Gilang Ramadhan, Ivan Nestorman, Krisna Prameswara dan Adi Dharmawan.

Pendiri dan pengajar sekolah musik Gladi Resik Musik Lab bersama dengan Todung Panjaitan dan Gilang ramadhan ini, pernah memperoleh beberapa penghargaan antara lain sebagai Gitaris Terbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest pada tahun 1985.

Karir bermusiknya semakin lengkap”setelah ia menciptakan berbagai karya album dan lagu. Di tahun 2000, solo album perdananya, Di sini ada Kehidupan, dirilis dalam versi kaset oleh Chico & Ira Production. Tahun 2009, ia kembali mengeluarkan album solonya yang dirilis ulang dari album serupa pada tahun 1999, ditambah beberapa judul baru.

Tak pelak serangkaian perjalanan karir musiknya yang panjang, telah menempatkannya sebagai salah satu gitaris jazz dan blues terbaik yang dimiliki negeri ini